Pages Navigation Menu

DEPKES NO 448.2/26/BPPT/IV/2011

Sebab (Kecenderungan) Phobia Sosial

Akhir –akhir ini saya seringkali menangani kasus phobia sosial. Apa itu phobia sosial? Phobia sosial itu adalah takut berhadapan dengan orang banyak atau tempat baru. Ketika harus bertemu dengan orang ada rasa deg2an, jantung berdebar, keluar keringat dingin, dan gugup.

Ada yang parah sampai tidak bisa keluar rumah sama sekali, ketika sudah jauh dari rumah merasa takut , ga nyaman dan seperti gejala diatas. Jumlah orang yang mengalami hal ini ternyata banyak juga.

Sebenarnya kenapa hal ini bisa terjadi? Sebab utamanya kebanyakan karena orang tersebut merasa tidak aman, merasa sendirian , merasa tidak ada yang melindungi. Kebutuhan dasar pertama dari manusia, yaitu rasa aman tidak terpenuhi.

Lho kok bisa? Iya bisa, karena kemungkinan besar penyebab utamanya adalah waktu kecil pernah diancam ditinggal pergi sama orangtuanya, terutama ibunya. Atau kalau tidak diancam , waktu kecil mengalami ketakutan yang sangat karena menyadari di sekeliling dia tidak ada siapa-siapa.

Coba anda bayangkan bagaimana rasanya ketika anda masih kecil, dan anda ditinggal oleh ortu anda. Takut bukan? Merasa tidak aman bukan? Merasa sendiri? Merasa tidak ada yang melindungi? Merasa tidak ada yang menolong? Ya..itulah sebab awal KECENDERUNGAN mulai terbentuknya phobia sosial

Kenapa baru muncul pada saat dewasa? Kalau ini anda harus baca lagi teori tungku mental. Intinya bibitnya itu udah ada sejak kecil dan baru meledak ketika dewasa.

Lalu apa yang dilakukan hipnoterapi? Seperti biasa , klien dibawa untuk mengalami relaksasi yang dalam, kemudian dicari akar masalahnya dan diedukasi ulang. Yah …kok singkat amat penjelasannya pak? Ya iya singkat, lha wong memang gitu caranya ..:)

Pelajaran yang dapat dipetik adalah: Jangan terlalu sering mengancam untuk meninggalkan andak anda kalau anda lagi marah pada anak, atau meninggalkan anak anda sendirian tanpa memberitahu anak anda.

Semoga bermanfaat,

Salam hidup lebih baik,

Jimmy K Santosa ,CHt -AHI