Pages Navigation Menu

DEPKES NO 448.2/26/BPPT/IV/2011

Hipnoterapi(Hypnotherapy) untuk anak

Apa sih sebenarnya yang dilakukan ketika melakukan hipnoterapi pada anak?

Tentu beda perlakuan dengan yang dewasa. Hipnoterapi untuk klien dewasa menggunakan induksi formal dan menerapinya dengan cara teknik2 terapetik seperti age regression, part therapy, ego state therapy, future pacing, dll.

Ketika kita melakukan hipnoterapi pada anak, tahap pertama yang penting adalah membangun kepercayaan anak pada kita/terapis. Darimana anak bisa cerita masalahnya kalau dia belum trust/percaya sama terapisnya. Untuk itulah diperlukan keahlian dan pengalaman dari terapis untuk dapat secepat mungkin dekat dengan anak.

Begitu anak sudah trust dengan terapis, barulah proses terapi dimulai. Biasanya saya akan katakan pada anak :

“Hai nak, kamu datang kesini bukan karena kamu sebagai anak bermasalah ya..! om percaya, kamu ini adalah anak yang pintar dan cerdas, tidak peduli orang tua kamu bilang apa sama kamu.  Sekarang om disini hanya ingin membantu kamu, sekarang masalah apa yang kamu alami yang om bisa bantu?”

Bahkan akan lebih mantap lagi kalau saya sudah bisa memangku atau anak itu mau bermain dan bergembira bersama saya

Namanya anak, maka kita memanfaatkan kelebihan anak untuk melakukan terapi, dalam hal ini imaginasi anak yang luar biasa. Kita juga memanfaatkan anak yang dominan pada gelombang alfa dan theta dengan memberikan sugesti-sugesti pada saat mereka fokus akan sesuatu.

Biasanya terapinya adalah dengan menggunakan cerita atau mengajak anak maen ke hutan (imaginasi) atau nonton sesuatu yang disenangi oleh si anak. Atau dengan teknik lain yaitu ICT (Instant Change Technique).

Oya saya mau menekankan bahwa saya menangani hanya anak normal bermasalah, dalam artian saya tidak menangani anak yang ADHD, atau autis dan sejenisnya.

Semoga keterangan singkat ini bermanfaat

salam hidup lebih baik,

Jimmy K Santosa,Cht-AHI