Pages Navigation Menu

DEPKES NO 448.2/26/BPPT/IV/2011

Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Kebanyakan orang ketika melakukan terapi hipnoterapi untuk  menumbuhkan rasa percaya diri berpendapat bahwa 1 kali sesi itu cukup, dan ketika mereka mendapati bahwa setelah mereka terapi  pertama, merasa tidak ada perubahan atau sedikit sekali mengalami perubahan, kemudiam mereka  merasa kecewa dan menganggap hipnoterapi tidak efektif.

Sebenarnya memang 1 kali sesi terapi tidak akan menjamin masalah anda selesai, walaupun itu mungkin.  Sekali lagi saya katakan  TIDAK MENJAMIN satu kali sesi terapi cukup, walaupun itu MUNGKIN.

Lalu apa yang cukup 1 kali , jika itu mungkin? Kasus phobia dan jelas phobianya, misal phobia balon dan si klien tahu sejak kapan dia phobia balon.  Tidak semua phobia bisa sembuh dengan 1 kali sesi terapi. Tergantung pada intensitas phobia orang tersebut dan kompleksitas phobianya. Menumbuhkan rasa percaya diri dengan 1 kali terapi juga mungkin jika masalahnya tidak kompleks. Hanya saja untuk menghindari perbedaan persepsi dimana ketika ditelpon klien cerita dan kita merasa itu ringan dan setelah kita bertemu dan berbicara dengan lebih detail ternyata untuk menumbuhkan rasa percaya diri klien tidak bisa 1 kali , sedangkan diawal sudah dibilang 1 kali akan membuat klien menjadi kecewa dan tidak baik untuk terapi.

Namanya adalah HIPNO_TERAPI. Ada kata TERAPI disitu. Berapa kali anda perlu FISIO-TERAPI? Apakah cukup 1 kali? Bagaimana dengan TERAPI WICARA, apakah cukup 1 kali ?

Hal-Hal berikut adalah penyebab kenapa kami di klinik hipnoterapi jakarta  bekasi tidak berani menjamin 1 kali sesi cukup untuk setiap masalah:

  • Kompleksitas masalah

Apabila masalahnya kompleks tidak mungkin diselesaikan dalam satu kali pertemuan.  Masalah kompleks seperti depresi, atau cemas berlebihan.  Sangat kecil kemungkinannya masalah ini akan selesai di sesi 1. Karena itu jangan heran juga,saya sering dapat pertanyaan untuk klien yang cemas bahwa dia merasa tidak ada hasilnya ketika disesi 1 dengan hipnoterapis lain.  Sebabnya adalah masalah cemas adalah masalah yang kompleks. Biasanya saya minta mereka untuk menyelesaikan dulu dengan hipnoterapis yang bersangkutan, jika tidak  ada perubahan setelah beberapa kali sesi terapi, baru pindah ke saya.

  • Belum terlalu paham dengan hipnoterapi

Ketika orang belum paham, maka terapinya tidak akan efektif. Biasanya di sesi pertama orang  masih akan bertanya tanya, apa yang dilakukan. Walaupun sudah dijelaskan secara panjang lebar apa yang akan dilakukan selama proses terapi. Di sesi 2 biasanya akan lebih lancar karena klien sudah pengalaman disesi 1. Sehingga biasanya hasil menumbuhkan rasa percaya diri di sesi ke dua lebih besar.

  • Faktor COBA-COBA

Biasanya kita tidak kenal terapisnya, kita datang karena ingin mencoba hipnoterapi. Karena ada keinginan mencoba dan bukan yakin bahwa saya bisa sembuh dengan jalan hipnoterapi, maka hasilnya tidak akan maksimal. Ingat, yang menyembuhkan adalah diri kita sendiri dan bukan terapisnya, jadi jika mental untuk melakukan hipnoterapi adalah faktor coba-coba maka disitu sudah ada benih KETIDAKYAKINAN BISA SEMBUH. Sedikit saja ada faktor ketidakyakinan, maka anda sudah tahu bagaimana hasilnya. Ada juga faktor, apakah terapisnya bisa dipercaya? Nah,  Disesi 1 inilah tugas terapis untuk membangun TRUST ini untuk meminamilasi faktor coba coba.  Sehingga  nantinya di  sesi 2 sudah tercipta hubungan yang semakin baik antara terapis dan klien dan membuat terapinya semakin berhasil

Semoga hal ini membuat anda semakin jelas, bahwa hipnoterapi itu juga butuh proses, sama seperti kita ke dokter, kita minum obat itu juga ada prosesnya. Sekali lagi juga menumbuhkan rasa percaya diri juga butuh proses dan tergantung juga dari berat tidaknya masalah.

Semoga semakin mencerahkan

 

Salam sehat dan bahagia

 

Hipnoterapi Jakarta Bekasi